Gambar Animasi Bergerak Gambar Kata RA Kartini

kartini2

Setiap tanggal 21 April kita memperingati Hari Kartini, sejak Presiden Sukarno menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional melalui kepres RI No.108 tahun 1964. Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara 21 April 1879 merupakan tokoh suku Jawa dan dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi melalui tulisan-tulisannya. Kartini merupakan keturunan bangsawan Jawa pada saat itu, anak dari Bupati Jepara, R.M. Sosroningrat dan ibunya M.A. Ngasirah anak seorang guru agama di Jepara.

a d v e r t i s e m e n t

Kartini bersekolah di Europese Lagere School sampai berusia 12 tahun dan mahir berbahasa Belanda. Setelah 12 tahun sesuai adat saat itu, Kartini harus tinggal di rumah untuk dipingit. Di rumah ia mulai menulis dan berkoresponden dengan teman-temannya di Belanda, salah satunya Rosa Abendonan. Tulisannya tidak hanya tentang emansipasi wanita tetapi juga masalah sosial umum.

Kartini menikah pada tahun 1903, atas perintah orangtuanya, dengan Bupati Rembang K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang sudah memiliki 3 orang istri. Oleh suaminya, Kartini diberikan kebebasan dan didukung untuk mendirikan sekolah wanita di Rembang. Empat hari setelah melahirkan anak yang pertama, Kartini wafat di Rembang pada tahun 1904.

Surat-surat Kartini menarik perhatian masyarakat Belanda, pemikirannya mengubah persepsi masyarajat Belanda tentang wanita pribumi dan menjadi inspirasi tokoh-tokoh kebangkitan nasional W.R. Supratman untuk menciptakan lagu R.A Kartini.

Di bawah ini terdapat gambar R.A Kartini dalam gambar animasi bergerak maupun gambar kata.

 

kartini4

 

kartini5

kartini6

 

kartini1

 

kartini2

 

kartini3

kartini7

kartini8

Gambar dikutip dari berbagai sumber.

a d v e r t i s e m e n t

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *